IMPLEMENTASI DATA MINING PADA BIDANG KESEHATAN MENGGUNAKAN DECISION TREE

by - April 05, 2019



Definisi Data Mining
data mining adalah teknik proses pencarian pola dangan memperkerjakan satu atau lebih teknik(pola) pembelajaran komputer untuk menganalisis suatu dengan cara otomatis. metode atau algoritma data mining sangat bervariasi. pemilihan  metode  atau  algoritma  yang  tepat  sangat bergantung  pada  tujuan  dan  proses  knowledge  discovery  in  database  (KDD). KDD sendiri adalah sebuah penerapan metode saintifik pada data mining. dalam konteks ini data mining adalah suatu langkah dari proses kdd. adapun  teknik  yang  digunakan  pada  proses  data  mining  adalah  dengan  teknik decision tree.  data mining juga mempunyai nama alternatif, walaupun definisi eksaknya berbeda, sperti analisis pola, arkeologi data, intelegensia bisnis, serta pemanenan informasi. data mining diperlukan pada saat data tersedia terlalu banyak.

Definisi Decision Tree
Decision Tree adalah metode prediksi yang sangat kuat. Metode ini mengubah fakta yang besar menjadi pohon keputusan yang mempresentasikan aturan aturan yang mudah dipahami. dan mereka juga dapat diekspresikan dalam bentuk basis data seperti SQL untuk mencari record pada data terntentu.
Nama lain dari decision tree adalah CART (Classification and Regression Tree). Dimana metode ini merupakan gabungan dari dua jenis pohon, yaitu classification tree dan juga regression tree.
Decision tree adalah salah satu metode klasifikasi yang paling populer, karena mudah untuk diinterpretasi oleh manusia. Decision tree adalah model prediksi menggunakan struktur pohon atau struktur berhirarki. Konsep dari pohon keputusan adalah mengubah data menjadi decision tree dan aturan-aturan keputusan. Manfaat utama dari penggunaan decision tree adalah kemampuannya untuk mem-break down proses pengambilan keputusan yang kompleks menjadi lebih simple, sehingga pengambil keputusan akan lebih menginterpretasikan solusi dari permasalahan.
Dalam penerapannya dalam bidang kesehatan data mining digunakan untuk mencegah adanya kejadian medical error, yang terbagi menjadi 3 mekanisme besar yaitu:

1. Pencegahan

2. Respon cepat

3. Umpan balik

Data mining pun sudah banyak diterapkan dalam bidang kesehatan, contohnya sistem untuk memprediksi penyakit hipertensi pada kehamilan. Hipertensi merupakan salah satu masalah yang paling sering muncul pada ibu hamil, masalah kesehatan tersebut jika berlanjut maka dapat menyebabkan kematian pada ibu dan janin.
Permasalahan tersebut dapat dicegah dengan memprediksi dengan menggunakan data mining. Faktor pendukung yang dapat mempengaruhi penyakit hipertensi pada ibu hamil yaitu berdasarkan usia, berat badan, riwayat hipertensi, dan paritas.
Metode data mining yang digunakan adalah Knowledge Discovery in Database (KDD) yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu Cleaning and Integration, Selection and Transformation, Data mining, dan Evaluation and Interpretation. Teknik yang digunakan adalah decision tree (pohon keputusan) yang menggunakan algoritma C4.5 yang akan menghasilkan pola berupa rules untuk memprediksi penyakit hipertensi pada ibu hamil.
Meski memiliki banyak kelebihan, namun bukan berarti metode ini tidak memiliki kekurangan. Decision tree ini bisa terjadi overlap, terutama ketika kelas dan kriteria yang digunakan sangat banyak tentu saja dapat meningkatkan waktu pengambilan keputusan sesuai dengan jumlah memori yang dibutuhkan.Dalam hal akumulasi, decision tree juga seringkali mengalami kendala eror terutama dalam jumlah besar. Selain itu, terdapat pula kesulitan dalam mendesain decision tree yang optimal. Apalagi mengingat kualitas keputusan yang didapatkan dari metode decision tree sangat tergantung pada bagaimana pohon tersebut didesain.
Terlepas dari kekurangan dan kelebihan dari decision tree, metode ini banyak digunakan lebih lanjut dalam berbagai pengolahan data. Mulai dari data mining dan juga machine learning. Dalam dunia kerja, decision tree sendiri sangat berguna untuk penilaian credit scoring. Jika anda pernah mengajukan kredit yang diproses secara instan, nah anda sudah mempunyai pengalaman dari decision tree.


Opini
menurut saya decision tree pada data mining sangatlah membantu di bidang kesehatan, karena kecepatanya dalam memproses data dan umpan balik yang akurat , dengan ini kita bisa mencegah medical error dengan sangat efektif.
tetapi kelemahan pada decision tree ini adalah membutuhkan memori yang besar untuk memproses data yang besar dan juga membutuhkan kecepatan processor yang cepat untuk memproses data tersebut, jadi kemungkinan cuma beberapa rumah sakit yang bisa mengimplementasikan teknologi tersebut dengan kata lain belum bisa merata.


Referensi



You May Also Like

0 komentar