Review Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Air Minum Pada CV. Air Putih
Review ini dilakukan oleh:
Nama : Anom Bagas Pratomo
NPM : 10116963
Kelas: 2KA32
Judul : ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN AIR MINUM PADA CV. AIR PUTIH
Studi Kasus : CV.Air Putih
Penulis : Arista Mahaseptiviana , A. B. Tjandrarini , Pantjawati Sudarmaningtyas
Abstraksi
Produsen
minum dalam kemasan (gallon) di Banjarmasin yaitu CV. Air Putih (alami)
memiliki daerah pemsaran sementaranya hanya ada 5 daerah dan metode
penjualannya berupa delivery order sehingga para pembeli pun mudah dalam
mendapatkan barang yang diinginkan. Dalam kurun waktu 3 tahun CV.Air Putih
mengalami penurunan penjualan sebesar
1,07% pada tahun 2010, 2011, 2012 karena perusahaan kurang bisa mengembangkan
usahanya dan kurangnya informasi yang dihasilkan.
Sebagai tolak
ukur untuk menentukan keberhasilan suatu perusahan dalam berbisnis, maka
diperlukan suatu target penjualan bagi
CV. Air Putih. Tetapi saat ini CV. Air Putih belum memiliki prosedur untuk
menetapkan dan memantau pencapaian target penjualan sehingga perusahaan tidak
memiliki kejelasan tentang berapa penjualan yang ingin dicapai. Hal itu membuat
CV. Air Putih sulit untuk termotivasi, laporan yang dihasilkan kurang
informatif, serta cenderung membuat penjualan kurang maksimal.
Pendahuluan
Untuk
memperoleh informasi dalam mengatasi masalah perkembangan pelanggan maka
dibutuhkan pelaporan yang tepat dalam perkembangan pelanggan guna membantu
pihak perusahaan dalam menganalisis perkembangan pelanggan tiap daerah maupun
tiap periodenya. Pada CV. Air Putih, proses bisnis penjualannya hanya
menggunakan beberapa langkah dari siklus penjualan, yaitu merespon permintaan
informasi dari pelanggan, mencatat pemesanan, memeriksa barang yang tersedia,
mengirim barang kepada pelanggan, mengumpulkan pembayaran, dan menyiapkan
laporan.
Metode Penelitian
1. Mengidentifikasi
Masalah, Peluang, dan Tujuan
2. Studi
Kepustakaan
· Sistem
· Informasi
· Sistem
Informasi
· Penjualan
· Sistem
Informasi Penjualan
· Analisis dan
Perancangan Sistem
· Siklus Hidup
Pengembangan Sistem (SHPS)
· Skala Likert
3. Studi
Lapangan
4. Analisis
Proses Bisnis
5. Menganalisis
Kebutuhan Sistem
Pembahasan
Pada
perancangan sistem ini adalah berupa dokumen analisis dan perancangan sistem
informasi penjualan air minum pada CV.Air Putih yang berisi software
requirements yang terdiri dari identifikasi pengguna yang isinya terdapat staf
pengiriman, staf pencatatan, dan pemilik. Tugas dari masing2 staf tentunya
berbeda dari sistem lama yang sudah dipakai dengan sistem baru yang akan
dijalankan ol;eh perusahan nantinya, seperti staf pengiriman pada sistem yang
lama tugasnya hanya mengecek ketersediaan gallon, pada sistem yang baru ini
tugasnya adalah mengelola data, memantau live time, dan mengecek ketersediaan
galon dan begitupun dengan staf lainnya di sistem yang baru ini tugas mereka
menjadi berubah sehingga pekerjaan mereka pun cepat selesai dan tidak ada data
yang hilang.
Adapun
software design dari sistem tersebut yaitu terdiri dari Diagram berjenjang
(Hierarchy Chart) digunakan untuk menggambarkan seluruh proses dari level dan
kelompok proses yang terlibat, Data Flow Diagram (DFD) Level Konteks Context
Diagram dari sistem informasi penjualan pada CV. Air Putih terdapat empat
exernal entity yaitu staf pengiriman, staf pencatatan, pemilik, dan pelanggan,
dan Entity Relationship Diagram (ERD)
ERD menunjukan struktur keseluruhan kebutuhan data dari pengguna sistem. Lalu
ada desain interface menu laporan yaitu terdiri dari Pelaporan Analisis
Perkembangan Pelanggan, Pelaporan Analisis Pencapaian Target Penjualan,
Pelaporan Analisis Pencapaian Target Penjualan, Pelaporan Analisis Live Time
Galon
Kesimpulan
Dari analisis
dan perancangan sistem informasi penjualan pada CV. Air Putih, diperoleh suatu
kesimpulan yaitu rancangan dokumen sistem informasi penjualan air minum pada
CV. Air Putih (Alami) mampu menghasilkan rancangan sistem informasi penjualan
yang dapat digunakan oleh pengembang sistem untuk memenuhi kebutuhan informasi
CV. Air Putih yang meliputi perancangan pendaftaran dan pemesanan pelanggan
melalui SMS, pencatatan history dan lifetime galon, serta pembuatan laporan
penjualan.
Daftar
Pustaka
- Hartono, J. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogjakarta: ANDI
- Ichwan, M. Y. 2011. Peran dan Dampak Teknologi di Bidang Pemasaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
- Kendall, K.E. dan Kendall, J.E. 2003. Analisis dan Perancangan Sistem. (B. M. Thamir Abdul Hafedh Al-Hamdany, Penerj.) Jakarta: Pearson Education Asia Pte. Ltd. dan PT. Prenhallindo
- McLeod, J. R. 2001. Sistem Informasi (7 ed.). Jakarta: Prenhallindo
- Rama, Dasaratha V dan Jones, Frederick L. 2006. Accounting Information System (1 ed.). Cannada: Thomson South-Western
- Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Suhayati dan Anggadini. 2009. Akutansi Keuangan. Bandung: Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM).
0 komentar