Review Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Air Minum Pada CV. Air Putih

by - Juni 24, 2018

Review ini dilakukan oleh:
Nama : Anom Bagas Pratomo
NPM : 10116963
Kelas: 2KA32


Judul : ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN AIR MINUM PADA CV. AIR PUTIH 

Studi Kasus : CV.Air Putih

Penulis : Arista Mahaseptiviana , A. B. Tjandrarini , Pantjawati Sudarmaningtyas 

Abstraksi

Produsen minum dalam kemasan (gallon) di Banjarmasin yaitu CV. Air Putih (alami) memiliki daerah pemsaran sementaranya hanya ada 5 daerah dan metode penjualannya berupa delivery order sehingga para pembeli pun mudah dalam mendapatkan barang yang diinginkan. Dalam kurun waktu 3 tahun CV.Air Putih mengalami penurunan penjualan  sebesar 1,07% pada tahun 2010, 2011, 2012 karena perusahaan kurang bisa mengembangkan usahanya dan kurangnya informasi yang dihasilkan.

Sebagai tolak ukur untuk menentukan keberhasilan suatu perusahan dalam berbisnis, maka diperlukan suatu target penjualan  bagi CV. Air Putih. Tetapi saat ini CV. Air Putih belum memiliki prosedur untuk menetapkan dan memantau pencapaian target penjualan sehingga perusahaan tidak memiliki kejelasan tentang berapa penjualan yang ingin dicapai. Hal itu membuat CV. Air Putih sulit untuk termotivasi, laporan yang dihasilkan kurang informatif, serta cenderung membuat penjualan kurang maksimal.

Pendahuluan
Untuk memperoleh informasi dalam mengatasi masalah perkembangan pelanggan maka dibutuhkan pelaporan yang tepat dalam perkembangan pelanggan guna membantu pihak perusahaan dalam menganalisis perkembangan pelanggan tiap daerah maupun tiap periodenya. Pada CV. Air Putih, proses bisnis penjualannya hanya menggunakan beberapa langkah dari siklus penjualan, yaitu merespon permintaan informasi dari pelanggan, mencatat pemesanan, memeriksa barang yang tersedia, mengirim barang kepada pelanggan, mengumpulkan pembayaran, dan menyiapkan laporan.

Metode Penelitian
1.      Mengidentifikasi Masalah, Peluang, dan Tujuan
2.      Studi Kepustakaan
·       Sistem
·       Informasi
·       Sistem Informasi
·       Penjualan
·       Sistem Informasi Penjualan
·       Analisis dan Perancangan Sistem
·       Siklus Hidup Pengembangan Sistem (SHPS)
·       Skala Likert
3.      Studi Lapangan
4.      Analisis Proses Bisnis
5.      Menganalisis Kebutuhan Sistem

Pembahasan
Pada perancangan sistem ini adalah berupa dokumen analisis dan perancangan sistem informasi penjualan air minum pada CV.Air Putih yang berisi software requirements yang terdiri dari identifikasi pengguna yang isinya terdapat staf pengiriman, staf pencatatan, dan pemilik. Tugas dari masing2 staf tentunya berbeda dari sistem lama yang sudah dipakai dengan sistem baru yang akan dijalankan ol;eh perusahan nantinya, seperti staf pengiriman pada sistem yang lama tugasnya hanya mengecek ketersediaan gallon, pada sistem yang baru ini tugasnya adalah mengelola data, memantau live time, dan mengecek ketersediaan galon dan begitupun dengan staf lainnya di sistem yang baru ini tugas mereka menjadi berubah sehingga pekerjaan mereka pun cepat selesai dan tidak ada data yang hilang.

Adapun software design dari sistem tersebut yaitu terdiri dari Diagram berjenjang (Hierarchy Chart) digunakan untuk menggambarkan seluruh proses dari level dan kelompok proses yang terlibat, Data Flow Diagram (DFD) Level Konteks Context Diagram dari sistem informasi penjualan pada CV. Air Putih terdapat empat exernal entity yaitu staf pengiriman, staf pencatatan, pemilik, dan pelanggan, dan  Entity Relationship Diagram (ERD) ERD menunjukan struktur keseluruhan kebutuhan data dari pengguna sistem. Lalu ada desain interface menu laporan yaitu terdiri dari Pelaporan Analisis Perkembangan Pelanggan, Pelaporan Analisis Pencapaian Target Penjualan, Pelaporan Analisis Pencapaian Target Penjualan, Pelaporan Analisis Live Time Galon

Kesimpulan
Dari analisis dan perancangan sistem informasi penjualan pada CV. Air Putih, diperoleh suatu kesimpulan yaitu rancangan dokumen sistem informasi penjualan air minum pada CV. Air Putih (Alami) mampu menghasilkan rancangan sistem informasi penjualan yang dapat digunakan oleh pengembang sistem untuk memenuhi kebutuhan informasi CV. Air Putih yang meliputi perancangan pendaftaran dan pemesanan pelanggan melalui SMS, pencatatan history dan lifetime galon, serta pembuatan laporan penjualan.

Daftar Pustaka
  1. Hartono, J. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogjakarta: ANDI 
  2. Ichwan, M. Y. 2011. Peran dan Dampak Teknologi di Bidang Pemasaran. Malang: Universitas Negeri Malang. 
  3. Kendall, K.E. dan Kendall, J.E. 2003. Analisis dan Perancangan Sistem. (B. M. Thamir Abdul Hafedh Al-Hamdany, Penerj.) Jakarta: Pearson Education Asia Pte. Ltd. dan PT. Prenhallindo
  4. McLeod, J. R. 2001. Sistem Informasi (7 ed.). Jakarta: Prenhallindo 
  5. Rama, Dasaratha V dan Jones, Frederick L. 2006. Accounting Information System (1 ed.). Cannada: Thomson South-Western 
  6. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta 
  7. Suhayati dan Anggadini. 2009. Akutansi Keuangan. Bandung: Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). 





You May Also Like

0 komentar